Hot!

5 Tips Nonton TV Bersama Anak-Anak, Anda Wajib Paham!

 
Aktivitas nonton TV bersama bisa jadi aktivitas yang hangat serta dapat meningkatkan ikatan antara Anda dan anak serta keluarga. Namun demikian, menyaksikan tayangan televisi bersama keluarga juga harus dilakukan dengan benar. Benar dalam artian harus dipilih secara tepat tontonan yang sesuai, agar setiap anggota keluarga mendapatkan manfaat dan hiburan yang tetap edukatif.
Selain tontonan yang edukatif dan sesuai usia, Anda juga wajib memastikan bahwa screentime yang diberikan pada anak juga tidak berlebihan. Direkomendasikan oleh American Academy of Pediatrics, untuk anak-anak usia di bawah dua tahun sebaiknya screentime yang diberikan adalah 1 hingga 2 jam saja.

Nah, untuk memaksimalkan waktu yang diberikan ini, ada baiknya Anda menyimak beberapa tips nonton TV bersama berikut ini.

Tontonan Edukatif 


Pertama dan utama, seperti sudah disampaikan pada bagian awal tadi, adalah memastikan tontonan yang diberikan pada anak-anak dan ditonton bersama memiliki nilai edukasi. Selain dapat memberikan hiburan yang menyenangkan, Anda juga dapat sekaligus memberikan pelajaran tentang hal-hal yang disampaikan di dalam tontonan tersebut.
Kini banyak tayangan, baik yang secara penuh berisi edukasi atau yang berupa kartun namun disisipi nilai edukasi, bisa dipilih di berbagai kanal media. Televisi mungkin jadi sumber tontonan utama, tapi Anda juga dapat memanfaatkan layanan lain seperti IPTV Indonesia yang dapat memberikan opsi tayangan luar negeri untuk anak-anak.

Fokus untuk Quality Time

Ketika sedang nonton TV bersama, upayakan untuk fokus menikmati quality time yang tercipta. Sebisa mungkin jauhkan perangkat smartphone atau distraksi lain yang mungkin dapat mengganggu waktu intim bersama keluarga ini. Bukan tanpa sebab, keintiman yang terjalin tanpa gangguan dapat memberikan efek yang sangat baik untuk anak-anak dan kedekatan keluarga.
Letakkan dan silent perangkat smartphone yang Anda miliki untuk sejenak. Lagipula, setelah hari yang panjang untuk bekerja tidak ada salahnya untuk sejenak beristirahat dan menikmati waktu bersama keluarga, didampingi tontonan yang berkualitas bukan? 

Menjadi Tempat Bertanya yang Informatif

Ketika menonton tayangan yang Anda pilih, mungkin akan banyak pertanyaan yang diajukan oleh anak-anak. Nah, disinilah Anda menjalankan peran menjadi sumber jawaban yang informatif. Ketika anak-anak mengajukan pertanyaan, orang yang lebih dewasa dapat memberikan jawaban yang tepat.
Namun demikian jawaban yang diberikan tak harus mendetail dan sangat rinci. Cukup berikan jawaban sebatas pemahaman anak-anak saja. Proses belajar dan pemahaman informasi baru perlu dilakukan secara bertahap agar anak-anak dapat berkembang secara ideal pula. Jika tanpa proses yang bertahap, bisa jadi si Kecil justru menjadi kebingungan dan gagal memahami apa yang dipertanyakannya.
Jangan Menonton TV Bersama untuk Mengantarkan Anak Tidur
Memang dapat dikatakan cara yang cukup efektif, namun menonton TV untuk mengantarkan anak-anak tertidur tidak direkomendasikan. Ketika anak tidur ia perlu memiliki pikiran yang tenang dan posisi yang nyaman. Saat banyak informasi yang masuk ke dalam pikirannya, anak akan sulit tertidur karena cenderung banyak berimajinasi.
Selain itu, waktu tidur sama pentingnya dengan waktu beraktivitas dalam hal tumbuh kembang anak. Jadi waktu tidur yang berkualitas dapat membantu anak tumbuh dengan baik. Daripada mengajak anak nonton TV bersama sebelum tidur, ada baiknya Anda membacakan cerita dari buku cerita yang dimiliki. Cara ini memberikan stimulus yang sama, dan efek tidur yang lebih cepat daripada menonton TV.

Diskusi Setelah Menonton
 

Setelah menyaksikan tayangan bersama dengan anak, ada baiknya Anda melakukan diskusi sederhana. Membicarakan apa yang baru saja ditonton, apa saja yang dianggap menarik oleh anak, apa saja yang belum dipahami, apa saja pertanyaan yang ia miliki, lalu tanyakan juga apakah tontonan seperti yang baru saja disaksikan menarik untuknya.
Dengan melakukan recall atas tontonan yang baru saja disaksikan, Anda bisa memberikan banyak rangsangan pada tumbuh kembang anak. Selain itu tentu tanggapan anak dapat menjadi referensi untuk mencari tontonan berikutnya yang bisa digunakan sebagai bahan nonton TV bersama.

Aktivitas nonton TV bersama memang jadi opsi yang dipilih banyak orang tua dalam menghabiskan waktu bersama ketika sudah di rumah. Selain hemat biaya, menonton TV bersama di rumah juga dapat benar-benar meningkatkan bonding antar anggota keluarga.
Untuk menunjang aktivitas nonton TV bersama yang Anda lakukan bersama keluarga, Anda dapat menggunakan layanan IPTV Indonesia yang disediakan oleh Biznet. Mengapa? Karena layanan IPTV yang diberikan Biznet dapat menyediakan berbagai tayangan dari seluruh dunia dengan kualitas gambar 4K. Artinya setiap tayangan yang Anda saksikan akan memiliki kualitas gambar terbaik, sehingga Anda dan keluarga akan mendapatkan pengalaman menonton televisi yang jauh lebih baik dan menyenangkan. Segera berlangganan IPTV dari Biznet, dan rasakan juga kualitas koneksi internet terbaik yang disediakan oleh Biznet!

0 komentar:

Posting Komentar