Hot!

Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Kipas Angin AC


Dalam membeli sebuah alat elektronik rumah tangga pasti anda akan melakukan banyak pertimbangan sebelum membelinya, begitupun dengan membeli sebuah alat penyejuk ruangan air cooler atau kipas angin ac. Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah alat penyejuk ruangan, anda bisa merujuk kepada artikel ini untuk melihat hal-hal apa saja yang patut anda pertimbangkan sebelum membeli sebuah air cooler atau kipas angin ac.

Kebutuhan anda bukanlah pendingin ruangan
Perlu anda ingat baik-baik sebelum membeli sebuah kipas angin ac, kipas angin ac adalah alat penyejuk ruangan yang bekerja dengan melakukan penguapan air. Kipas angin ac atau air cooler hanya mampu menurunkan suhu ruangan hingga maksimal 5 derajat celcius, hal ini tentunya sangat jauh berbeda dengan daya penurunan suhu ruangan untuk sebuah pendingin ruangan seperti air conditioner. Anda harus memastikan bahwa yang anda perlukan memanglah penyejuk ruangan, bukan pendingin ruangan. Hal ini perlu dipastikan agar anda tidak merasa bahwa membeli sebuah kipas angin ac atau air cooler adalah hal yang sia-sia karena anda tidak bisa mendapatkan pendinginan udara yang maksimal di dalam ruangan.

Daya listrik yang diperlukan oleh kipas angin ac
Anda mungkin membeli sebuah kipas angin ac karena memikirkan penggunaan daya listrik yang hemat, meskipun begitu semua kipas angin ac atau air cooler tentu memiliki daya pakai listrik yang berbeda-beda. Pastikan anda memilih penyejuk ruangan yang daya pakai listriknya sesuai dengan daya pakai listrik anda, agar anda bisa senantiasa menyalakan kipas angin ac dengan nyaman berbarengan dengan penggunaan barang elektronik lain yang anda punya.

Air flow sebuah kipas angin ac
Air flow merupakan satuan variabel yang mengukur seberapa luas cakupan angin sejuk yang dihasilkan oleh kipas angin ac atau air cooler. Semakin tinggi air flow sebuah alat penyejuk ruangan, maka semakin besar juga volume udara sejuk yang dapat dihasilkan. Secara gampang, semakin besar air flow sebuah alat penyejuk udara, maka semakin cepat juga ruangan dapat menjadi sejuk. Dengan mempertimbangkan air flow alat penyejuk ruangan, anda bisa memastikan apakah kipas angin ac atau air cooler tersebut cocok digunakan untuk ruangan anda atau tidak. Karena jika ingin menaruh kipas angin ac atau air cooler di ruangan yang luas, lebih baik bagi anda untuk memilih air cooler atau kipas angin ac yang air flownya juga tinggi agar anda dapat merasakan hasil yang maksimal dari penggunaan alat penyejuk ruangan tersebut.

Ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik
Seperti yang sudah anda ketahui bahwa penggunaan air cooler atau kipas angin ac akan menambah kelembaban yang ada di dalam ruangan. Jika kelembaban ruangan dimana anda memakai air cooler atau kipas angin ac sudah terlalu tinggi, maka penggunaan alat penyejuk ruangan akan menjadi sia-sia dan tidak terasa hasilnya. Karena itu anda perlu memastikan air cooler atau kipas angin ac akan ditaruh di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik, agar anda bisa menggunakan alat penyejuk ruangan tersebut dengan maksimal. Anda mungkin perlu memikirkan lagi untuk memakai air cooler atau kipas angin ac jika ruangan anda minim ventilasi atau sirkulasi udaranya buruk.

Anggaran dana yang cukup
Harga beli air cooler atau kipas angin ac di pasaran memang bisa dibilang cukup terjangkau, namun tetap saja harga yang ditawarkan beragam. Pastikan anda melakukan riset harga terlebih dahulu agar anda bisa mendapatkan air cooler atau kipas angin ac dengan spesifikasi terbaik yang harga belinya sesuai dengan anggaran dana anda. Tidak ingin kan anda sudah menetapkan anggaran serendah mungkin untuk membeli air cooler atau kipas angin ac, namun ternyata air cooler dengan spesifikasi yang anda mau harganya diluar dari anggaran anda dan anda tidak jadi membelinya karena kurangnya anggaran dana?

Jika beberapa hal diatas telah dipertimbangkan dengan baik, anda bisa dengat tenang membeli sebuah alat penyejuk ruangan dan bisa memaksimalkan penggunaan alat tersebut dengan baik juga.

0 komentar:

Posting Komentar